Welcome to my BLOG

Saya ucapkan terimakasih kepada anda yang berkenan membuka Blog yang masih sederhana ini, bahkan saya sendiri mengatakan ini adalah Blog Fakir. Semoga mata anda tidak pedih melihatnya.
Saya masih banyak mengharapkan koreksi, kritik dan saran dari anda. Jika hal demikian ada dibenak anda sekalian, silahkan tuliskan di Blog Fakir ini.... Salam sukses selalu!!!

Laman

Rabu, 22 September 2010

Penyelamatan Lingkungan Melalui Pertanian

Kerusakan lingkungan hidup bila tidak segera diatasi, suatu saat akan menimbulkan malapetaka besar bagi manusia. Dewasa ini berbagai organisasi lingkungan hidup baik yang berskala internasional, nasional, dan daerah, tidak henti-hentinya menyuarakan penyelamatan lingkungan hidup untuk keselamatan manusia di masa kini maupun di masa akan datang. Di samping organisasi lingkungan hidup, pemerintah di masing-masing negara pun telah banyak melakukan berbagai usaha untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, termasuk di antaranya Indonesia.

Beberapa usaha yang dilakukan untuk pelestarian lingkungan hidup melalui pertanian, antara lain sebagai berikut.
1) melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pola pertanian yang tidak menimbulkan kerusakan lingkungan;

2) mengubah sistem pertanian berladang (berpindah-pindah) menjadi pertanian menetap seperti sawah, perkebunan, tegalan, dan sebagainya;

3) pertanian yang dilakukan pada lahan tidak rata (curam), supaya dibuat teras-teras (sengkedan) sehingga bahaya erosi dapat diperkecil;

4) pemberantasan hama tanaman dengan cara memperbanyak predator (binatang pemakan) hama tanaman;

5) mengurangi pemakaian pestisida karena pestisida dapat mencemari air dan tanah;

6) menemukan jenis-jenis tanaman yang tahan hama;

7) mengoptimalkan peran serta Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar